Publication Ethics

 

LUXNOS: JURNAL SEKOLAH TINGGI TEOLOGI PELITA DUNIA merupakan jurnal ilmiah yang mempublikasikan setiap hasil penelitian dari dosen-dosen maupun peneliti dalam lingkup penelitian Teologi (Biblika, Misiologi, Praktika) dan Pendidikan Kristen mengharapkan setiap penulis/author dapat mengikuti aturan, norma, hingga standar moral yang berlaku. Misalnya:

  • Kejujuran, di mana setiap penulis diharapkan dapat mensubmit artikel yang merupakan hasil karya/penelitian sendiri tanpa ada unsur-unsur plagiarisme di dalamnya.
  • Keilmiahan, di mana setiap tulisan atau artikel yang diserahkan merupakan hasil penelitian ilmiah dengan mengikuti aturan-aturan penulisan ilmiah.
  • Keseragaman, di mana setiap penulis harus menyesuaikan template jurnal Luxnos apabila hendak melakukan submit artikel. 

LUXNOS: JURNAL SEKOLAH TINGGI TEOLOGI PELITA DUNIA mengadaptasi COPE untuk memenuhi standar etika berkualitas tinggi untuk penerbit, editor, reviewer dan juga penulis, diuraikan sebagai berikut:

Untuk Editor:

  1. Editor (Chief in Editor) dapat menerima, menolak, atau meminta modifikasi pada naskah.
  2. Editor harus bertanggung jawab atas setiap artikel yang diterbitkan di Jurnal Luxnos
  3. Editor (chief in editor) memiliki kewenangan penuh untuk memutuskan sebuah naskah dapat dipublis atau tidak.
  4. Seorang editor harus mengevaluasi naskah secara objektif untuk publikasi.
  5. Editor (chief in editor) perlu memastikan dokumen yang dikirim ke reviewer tidak memuat informasi penulis, begitu pula sebaliknya.
  6. Keputusan editor harus diinformasikan kepada penulis disertai dengan komentar untuk perbaikan naskah.
  7. Editor berkoordinasi dengan copy editor untuk melakukan revisi naskah pada tahap akhir guna penyesuaian dengan template Jurnal.
  8. Editor dan seluruh staf harus menjamin kerahasiaan naskah yang diserahkan.
  9. Editor akan dipandu oleh diagram alur COPE jika ada dugaan kesalahan atau perselisihan penulis.

 Untuk Reviewers:

  1. Reviewer mengomentari pertanyaan etis dan kemungkinan kesalahan penelitian dan publikasi.
  2. Reviewer akan mengerjakan pekerjaan tepat waktu dan harus memberi tahu editor jika mereka tidak dapat menyelesaikan pekerjaan.
  3. Reviewer perlu menjaga kerahasiaan naskah.
  4. Reviewer tidak boleh menerima untuk mereview naskah yang mengandung potensi konflik kepentingan antara mereka dan penulis mana pun.
  5. Reviewer harus menolak untuk mereview sebuah naskah apabila merasa tidak sesuai dengan keahliannya.

Untuk Penulis:

  1. Penulis harus menjunjung tinggi scientific conduct/Perilaku Ilmiah, serta memahami manfaat /keuntungan dan resiko tulisan yang dipublikasikan.
  2. Artikel yang dipublikasikan bebas dari Plagiarism
  3. Penulis wajib mencantumkan sitasi yang memadai pada semua statement, ide, data, yang bukan hasil penelitiannya.
  4. Artikel yang dipublikasikan bidang ilmunya sesuai atau relevan dengan bidang ilmu Jurnal Luxnos.
  5. Para penulis yang tercantum pada artikel yang dipublikasikan adalah benar-benar mereka yang kompeten dan mempunyai kontribusi berarti dalam penulisan artikel tersebut.
  6. Penulis tidak melakukan publikasi ganda terhadap artikel yang akan dipublikasikan ini (double manuscript submission) ke jurnal atau sarana publikasi lain, secara bersamaan (serentak) 
  7. Bagian atau keseluruhan Artikel yang dipublikasikan belum pernah terpublikasi pada sarana publikasi lain. 
  8. Artikel yang dipublikasikan adalah asli (orsinil) hasil penelitian, gagasan atau pemikiran Penulis, yang dijamin surat pernyataan bebas Plagiarisme yang ditulis di atas meterai oleh Penulis.

Bagi setiap penulis di Jurnal Luxnos diwajibkan mengisi Surat Peryataan yang menjelaskan bahwa artikel belum pernah dipublikasikan di Jurnal maupun konferensi /seminar manapun. Contoh Surat Peryataan dapat diownload pada link Surat Peryataan pada format doc ini.