Peran Etika Komunikasi Dalam Konteks Pemilihan Umum Tahun 2024: Kajian Etika Kristen

Authors

DOI:

https://doi.org/10.47304/jl.v9i2.385

Keywords:

Etika Komunikasi, Etika Kristen, Garam dan Terang, Pemilu 2024

Abstract

Abstract: The 2024 General Election or General Election is a democratic celebration for the Indonesian nation which will be held simultaneously (election of president, legislative members and regional heads). So the potential for conflict or failure will be wide open. This potential becomes a logistics when reflecting on the 2019 elections, where there was a lot of spreading hatred, hoax news and even slander and violations on social media. That is why, this research focuses on the ethical role of communication in elections from a Christian ethical perspective. Therefore, even though the number of Christian voters is a minority, their position is also very urgent and strategic. Researchers use qualitative methods with emphasis on literature review and analysis. As a result of the research, three important roles of communication ethics in the 2024 Election were obtained, namely: communication ethics will produce cool and religious communication during the 2024 Election, communication ethics will reduce the spread of hatred, hoax news, and slander spread massively during the 2024 Election, and ethics Communication will create peaceful and conducive elections.

Abstrak: Pemilu atau Pemilihan Umum 2024 merupakan pesta demokrasi bagi bangsa Indonesia yang dilaksanakan secara serentak (pemilihan presiden, anggota legislatif dan kepala daerah), sehingga potensi untuk terjadinya konflik atau perselisihan akan terbuka lebar. Potensi ini menjadi logis apabila berkaca pada Pemilu tahun 2019, di mana banyak menyebar ujaran kebencian, berita-berita hoaks hingga fitnah dan penghinaan di media sosial. Itulah sebabnya, penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan peran etika komunikasi dalam Pemilu ditinjau dari perspektif etika Kristen. Oleh karena itu, sekalipun jumlah pemilih Kristen adalah minoritas, namun posisinya juga sangat urgen dan strategis. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan menitikberatkan pada kajian dan analisis pustaka. Hasil penelitian menunjukkan tiga peran penting etika komunikasi dalam Pemilu 2024, yakni: etika komunikasi akan menghasilkan komunikasi yang sejuk dan religius selama Pemilu 2024, etika komunikasi akan meredam tersebarnya ujaran kebencian, berita hoaks, hingga fitnah menyebar secara masif selama Pemilu 2024, dan etika komunikasi akan menciptakan Pemilu yang damai dan kondusif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, Mushaddiq. “Keserentakan Pemilu 2024 Yang Paling Ideal Berdasarkan Putusan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia.” Al-Ishlah: Jurnal Ilmiah Hukum 23, no. 2 (2020): 115–131.

Andari, Ida Ayu Made Yuni, and Ida Bagus Alit Arta Wiguna. “Pembelajaran Komunikasi Politik Menyambut Pemilihan Umum Serentak Di Indonesia.” Sadharananikarana: Jurnal Ilmiah Komunikasi Hindu 5, no. 1 (2023): 840–853.

Arifianto, Yonatan Alex, Reni Triposa, and Daniel Supriyadi. “Menerapkan Matius 5: 13 Tentang Garam Dunia Di Tengah Era Disrupsi.” Shamayim: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 1, no. 1 (2020): 92–106.

Belo, Yosia, and S Rika. “ETIKA KOMUNIKASI GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI TENGAH KEMAJUAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI.” BONAFIDE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 4, no. 1 (2023): 128–146.

Donald A. Hagner. Word Biblical Commentary (WBC): Matthew 1-13. Printed in Colombia: Nelson Reference and Electronic, 1993.

Fahruji, Deden. “Pemanfaatan Media Sosial Dalam Kampanye Politik Menjelang Pemilu 2024: Studi Kasus Tentang Akun Media Sosial Partai Politik Dan Politisi.” JIKA (Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan) 6, no. 2 (2023): 118–132.

Gea, Ibelala. “5 (Lima) Nilai Budaya Kerja Kementrian Agama (Analisis Dari Injil Sinoptis).” KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi 2, no. 1 (2016): 1–22.

Iswantoro. “Apa Saja Yang Dipilih Dalam Pemilu 2024?” Radio Republik Indonesia. Last modified 2023. https://www.rri.go.id/pemilu/234296/apa-saja-yang-dipilih-dalam-pemilu-2024.

Latief, Muhammad Iqbal. “Efek Post Truth Pada Partisipasi Pemilih Pemilu 2019 (Kajian Sosiologi Komunikasi).” KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi (2019): 275–288.

Martin, Ralph P. Word Biblical Commentary (WBC) 48: James. Waco, Texas: Word Books Publisher, 1988.

Morris, Leon. Tafsiran Injil Matius. Surabaya: Momentum, 2016.

Sipahutar, Melina Agustina, Tiur Imelda Tamsar, Winda Manalu, and Maya Sipahutar. “Etika Komunikasi Penyuluh Agama Kristen: Etika Komunikasi Penyuluh Agama Kristen.” ELETTRA: Jurnal Prodi Pendidikan Penyuluh Agama Kristen 1, no. 01 (2023): 19–30.

“Kominfo Temukan 3.356 Hoaks, Terbanyak Saat Pemilu 2019.” Kominfo. Last modified 2019. https://www.kominfo.go.id/content/detail/21876/kominfo-temukan-3356-hoaks-terbanyak-saat-pemilu-2019/0/berita_satker.

“Pemilu 2024: Pemilih Muda, Dinamika Politik Penuh Kejutan, Dan Potensi Polarisasi - Sejumlah Hal Yang Perlu Anda Ketahui.” BBC News Indonesia. Last modified 2023. https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-66531834.

“Ujaran Kebencian Dan Politik Uang Jadi Ancaman Terbesar Pemilu.” Kominfo. Last modified 2019. https://m.kominfo.go.id/content/detail/16859/ujaran-kebencian-dan-politik-uang-jadi-ancaman-terbesar-pemilu/0/sorotan_media.

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Belo, Yosia, and Rika S. “Peran Etika Komunikasi Dalam Konteks Pemilihan Umum Tahun 2024: Kajian Etika Kristen”. JURNAL LUXNOS 9, no. 2 (December 28, 2023): 268–281. Accessed April 29, 2024. https://luxnos.sttpd.ac.id/index.php/20_luxnos_20/article/view/yosbel_2023.

Most read articles by the same author(s)