Integrasi Pekabaran Injil Ke Dalam Pendidikan Agama Kristen

Authors

DOI:

https://doi.org/10.47304/jl.v8i2.180

Keywords:

Pekabaran Injil, Guru, Pendidikan Agama Kristen

Abstract

Abstract: This study discusses the integration of evangelism into Christian Religious Education. Thus, every Christian Religious Education teacher will be actively involved in his role as a Christian religion teacher. This research is because there is a phenomenon about Christian religious teachers who work only as teachers and do not involve themselves in evangelism. Likewise, the ministry in the church is as if there is a thick barrier. Through this research, it is hoped that Christian religious education teachers can play an active role in spreading the gospel through their teaching methods in schools. The research method used in this preparation is a literature study approach by collecting the views of experts and then compiling them in the form of articles. As a result, it is found that Christian religious education teachers can apply the gospel message in their teaching by using the Bible as the only Word of God. Christian religious teachers can act as evangelists, motivators, facilitators, counselors, and mentors, even shepherds for their students.

Abstrak: Penelitian ini membahas tentang integrasi pekabaran Injil ke dalam Pendidikan Agama Kristen. Dengan demikian setiap guru Pendidikan Agama Kristen akan terlibat secara aktif dalam melaksanakan perannya sebagai guru agama Kristen. Tujuan dilakukannya penelitian ini karena ada muncul fenomena tentang guru agama Kristen yang berprofesi hanya sebagai guru saja dan tidak melibatkan diri dalam pekabaran Injil. Demikian juga pelayanan di gereja, seakan terdapat sekat yang tebal. Melalui penelitian ini diharapkan agar para guru pendidikan agama Kristen dapat berperan aktif dalam pekabaran Injil melalui metode pengajaran mereka di sekolah. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penyusunan ini adalah pendektan studi kepustakaan dengan mengumpulkan pandangan para ahli lalu menyusunnya dalam bentuk artikel. Sebagai hasil yang didapatkan bahwa guru Pendidikan agama Kristen dapat menerapkan pekabaran Injil dalam pengajaran mereka. Dengan menggunakan Alkitab sebagai satu-satunya firman Tuhan. Guru agama Kristen dapat berperan sebagai penginjil, motivator, fasilitator, konselor, dan pembimbing, bahkan sebagai gembala bagi peserta didiknya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

REFERENSI

Arie de Kuiper, Misiologia (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2016)

Augus Hanna Niwati Telaumbanua, “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Industry 4.0,” Pendidikan Agama Kristen Vi (2020).

Bambang Eko Putratanto, Misi Kristen (Yogyakarta: ANDI, 2007).

Em Zulfajri Dan Ratu Aprilia Senja, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia (Jakarta: Aneka Ilmu Bekerjasama Dengan Difa Publisher, 2008)

Gondowijoyo, Sekolah Doa (Yogyakarta: Andi Offset, 2010).

Graendorf, Introduction To Biblical Cristian Education, 16.

H. Venema, Injil Untuk Semua Orang Jilid 1 (Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih/OMF, 1997)

J. Andrew Kirk, Apa Itu Misiologi (Jakarta: Gunung Mulia, 2015).

Jack Hayford, Doa Mengalahkan Kemustahilan (Yogyakarta: Andi Offset, 2008).

James Stalker, Masa Hidup Yesus Kristus (Malang: Gandum Mas, 1991).

Jhon M. Nainggolan, Strategi Pendidikan Agama Kristen (Generasi: Info Media, 2008),

Jimmy Tjandra, Doa Yang Ditolak Tuhan (Yogyakarta: Andi Offset, 2013).

John M. Nainggolan, Guru Agama Kristen (Bandung: Jurnal Info Media, 2006).

Kadarmanto & Ruth S, Tuntutan Ke Jalan Yang Benar (Jakarta: Bpk Gunung Mulia, 2005).

L.H. Enklaar Dan E.G Homrighausen, Pendidikan Agama Kristen (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2011).

lawrence O. Richards, Mengajarkan Alkitabiah Secara Kreatif (Bandung Yayasan Kalam Hidup, 2000).

Leroy Eims, Penuai Yang Diperlengkapi (Malang: Gandum Mas, 1988).

Lexy J.Moleong, Metode Penelitia Kualitatif (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1999).

Lilis Ermindyawati, “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Perilaku Siswa-Siswi Di Sd Negeri 01 Ujung Waktu Jepara,” Jurnal Fidel 2 (2008).

Malik Bambangan, Gembala Sidang sebagai Pengajar berdasar Timotius dan Titus, Jurnal Phronesis: Jurnal Teologi dan Misi, Vol. 1 Nomor 1, edisi Januari-Juni 2018

Moh. Nazir, Metode Penelitian (Jakarta:Ghalia, 1998).

Niko Njotorahardjo, Penginjilan (Jakarta: Bethani Bible College Jakarta, 2000).

Risnawati Sinulingga, Suatu Tinjauan Teologis Tentang Misi (Jurnal Teologi Tabernakel, Edisi XVIII, 2007), 41.

Robert O. Sukwan, The Prayer Drive Life (Yogyakarta: Andi Offset, 2010).

Tim Penyusun, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 1995).

Werner C. Graendorf, Introduction To Biblical Cristian Education (Chicago:Moody Press, 1988).

Y.Y. Tomatala, Penginjilan Masa Kini 1 (Malang: Gandum Mas, 1988).

Yakob Tomatala, Teologi Misi (Jakarta: YT Leadership Foundation, 2003).

Downloads

Published

2022-12-27

How to Cite

“Integrasi Pekabaran Injil Ke Dalam Pendidikan Agama Kristen”. JURNAL LUXNOS 8, no. 2 (December 27, 2022): 162–172. Accessed July 20, 2024. https://luxnos.sttpd.ac.id/index.php/20_luxnos_20/article/view/malik2022.

Similar Articles

1-10 of 80

You may also start an advanced similarity search for this article.