PENINGKATAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI ERA DISRUPSI DAN PANDEMI
DOI:
https://doi.org/10.47304/jl.v6i2.60Keywords:
Kata Kunci: Di era disrupsi dan pandemic, guru pendidikan agama kristen, peningkatan kinerja.Abstract
Abstrak
Era disrupsi tidak hanya sebagai gangguan terhadap kestabilan, kemapanan, dan kenyamanan, tapi harus dimaknai, dipandang dan dimanfaatkan sebagai sebuah peluang untuk berinovasi dalam meningkatkan kompetensi dan kinerja untuk berevolusi dalam revolusi. Sedangkan pandemic covid -19 merupakan wabah yang menyebar diberbagai negara termasuk Indonesia, sehingga tidak hanya mengganggu tetapi melumpuhkan semua sendi pergerakan manusia di segala bidang termasuk pelaksanaan pendidikan. Dari penjelasan ini dapat dipahami bahwa era disrupsi dan pandemic covid -19 merupakan dua peristiwa yang berbeda, namun sama-sama mengganggu, membatasi dan bahkan melumpuhkan ruang gerak manusia dalam segala sendi kehidupan. Era disrupsi dan pandemic ini menjadi tantangan tapi juga peluang, sebab pada satu sisi mengganggu, sedangkan pada sisi yang lain lagi memaksa manusia untuk berpikir kreatif dan inovatif untuk dapat mengembangkan kompetensi diri bahkan meningkatkan kinerja agar menjadikan era disrupsi dan pandemic sebagai kesempatan dalam meraih keberhasilan. Peningkatan dan pengembangan kinerja guru Pendidikan Agama Kristen di era disrupsi dan pandemic sangat menentukan keberhasilan pelaksanaan Pendidikan Kristen. Tulisan ini mengkaji upaya peningkatan kinerja guru PAK di era disrupsi dan pandemic, melalui seminar, pelatihan, kursus dan bahkan studi lanjut sebagai upaya peningkatan sumber daya manusia.
Downloads
References
Abd. Madjid, M. Ag, e-book Pengembangan Kinerja Guru Melalui: Kompetensi, Komitmen dan Motivasi Kerja. Yogyakarta: Samudra Biru, 2016.
Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “ Merdeka Belajar .” Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49. https://sciejournal.com/index.php/SiPoSE/article/view/9.
Dinar Wahyuni, Peningkatan Kompetensi Guru Menuju Era Revolusi Industri 4.0 Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI. Vol. X, No. 24/II/Puslit/Desember/2018.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. https://romeltea.com/pengertian-disrupsi-dan-contohnya/.
Kusuma, J. W., & Hamidah. (2020). Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume, 5(1).
Luh Devi Herliandry*1, Nurhasanah2, Maria Enjelina Suban 3, Heru Kuswanto4, Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp Vol. 22, No. 1, April 2020, e-ISSN: 2620-3081; p-ISSN: 1411-2744; DOI: https://doi.org/10. 21009/jtp.v22i1.15286.
Mathis dan Jackson, RL., Manajemen Sumber Daya Manusia. Penterjemah Jimmy Sadeli dan Bayu Prawira Hie. Jakarta: Penerbit PT. Salemba Empat, 2010
Merdeka.com,s Data Terkini Jumlah Korban Virus Corona di Indonesia. https://www.merdeka.com/peristiwa/data-terkini-jumlah-korban-virus-corona-di-indonesia.html
Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru, https://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2012/07/buku-2-pedoman-pkg.pdf.
Rhenald Kasali, Disruption: Tak ada yang tak bisa diubah sebelum dihadapi, Motivasi saja tidak cukup. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2017.
Sudaryono, “Bunuh Diri Masal Perguruan Tinggi Menuju Pendidikan Asembling,” Sumber: http://amikhb.ac.id/detailpost/bunuh-diri-masal-perguruan-tinggi-menuju-pendidikan-asembling.
Sukartono, Revolusi Industri 4.0 dan Dampaknya terhadap Pendidikan di Indonesia, FIP PGSD Universitas Muhammadiyah Surakarta. fkip.ums.ac.id/.../
Verawardina, U., Asnur, L., Lubis, A. L., & Hendriyani, Y. (2020). Reviewing Online Learning Facing the Covid-19 Outbreak. 12(3), 385–392.
Wikipedia; Industri 4.0 adalah nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Istilah ini mencakup sistem siber-fisik, internet untuk segala, komputasi awan, dan komputasi kognitif. https://id.wikipedia.org/wiki/Industri_4.0.
Wiranda, T., & Adri, M. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Modul Pembelajaran Teknologi WAN Berbasis Android. VoteTEKNIKA (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 7(4), 2302– 3295.
Yantina Debora, "Kuota Gratis Kemendikbud: Syarat, Cara Daftar dan Rincian Bantuan", https://tirto.id/kuota-gratis-kemendikbud-syarat-cara-daftar-dan-rincian-bantuan-f2ZU.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 JURNAL LUXNOS

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.