Pendekatan Psikoanalisis dan Teologi Kristen Terhadap Kesehatan Mental Remaja Kristen Akibat Pembelajaran Jarak Jauh

Authors

  • David Ferdinan Tampubolon Universitas Kristen Indonesia
  • Puja Sri Raso Devi Tampubolon Sekolah Tinggi Teologi Bethel Medan
  • Samuel Siringoringo Universitas Kristen Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47304/jl.v7i2.161

Keywords:

Keywords: Mental Health, Distance learning, Psychoanalytic Approach, Christian Youth, Christian Theology

Abstract

Abstract: The purpose of distance learning during the COVID-19 virus pandemic is to prevent the spread and transmission of the virus in the education unit environment. However, in the implementation of distance learning, students experience several obstacles. These obstacles lead to mental health problems for Christian adolescents, namely: anxiety, fear, stress, anger, disappointment, and sadness. This study aims to address the mental health of Christian adolescents as a result of distance learning through the approach of Psychoanalysis and Christian Theology. The subjects of this study were Christian adolescents and the object of this research was the mental health of Christian adolescents themselves. This study uses qualitative research methods with case studies and narrative Cresswell models. The data analysis technique used by the researcher is the Miles and Huberman model through data reduction activities, data presentation, conclusion drawing and data verification. The result of this study is that the psychoanalytic approach helps Christian adolescents in dealing with mental health problems by restoring the ego function that has been traumatized from the environment, family, and past experiences. Meanwhile, the Christian theology approach prioritizes spirituality, namely the relationship between humans and God in all aspects of human life. 

Abstrak: Tujuan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi virus COVID-19 yaitu mencegah penyebaran dan penularan virus tersebut di lingkungan satuan pendidikan. Namun dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, peserta didik mengalami beberapa kendala. Kendala tersebut menengakibatkan masalah bagi kesehatan mental remaja Kristen, yaitu: kecemasan, ketakutan, stres, marah, kecewa, dan sedih. Penelitian ini bertujuan untuk menyikapi kesehatan mental remaja Kristen akibat pembelajaran jarak jauh melalui pendekatan Psikoanalisis dan Teologi Kristen. Subjek penelitian ini adalah remaja Kristen dan objek penelitiain adalah kesehatan mental dari remaja Kristen itu sendiri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi kasus dan naratif model Cresswell. Teknik analsisis data yang digunakan oleh peneliti adalah model Miles dan Huberman melalui kegiatan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini yaitu pendekatan psikoanalisis membantu remaja Kristen dalam menangani masalah kesehatan mental dengan mengembalikan fungsi ego yang mengalami trauma dari lingkungan, keluarga, dan pengalaman masa lalu. Sedangkan, pendekatan Teologi Kristen mengutamakan spiritual yaitu adanya hubungan antara manusia dengan Tuhan dalam segala aspek kehidupan manusia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Butarbutar, Rikardo Dayanto, dkk. “Pendidikan Agama Kristen Bagi Remaja Kristen Madya Di Masa Pandemic COVID-19.” Real Didache: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen Vol. 5 No. (2020).

Corey, Gerald. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. Belmont: Brooks/Cole, 1986.

Deliviana, Evi, dkk. “PENGELOLAAN KESEHATAN MENTAL MAHASISWA BAGI OPTIMALISASI PEMBELAJARAN ONLINEDI MASA PANDEMI COVID-19.” Jurnal Selaras Vol. 3 No. (2020).

Fahrina, Afrillia. Minda Guru Indonesia: Peran Guru Dan Keberlangsungan Pembelajaran Di Masa Pandemi COVID-19. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press, 2020.

Ginting, E.P. Pastoral Konseling: Membaca Manusia Sebagai Dokumen Hidup Identifikasi Diri Untuk Mengatasi Trauma Dan Luka Batin Dalam Pelayanan Pastoral Konseling. Yogyakarta: ANDI, 2016.

Ifdil, Linda Fitria & Ifdil. “Kecemasan Remaja Pada Masa Pandemi Covid -19.” Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 6 No. (2020):

N, L. Syamsu Yusuf. Kesehatan Mental Perspektif Psikologi Dan Agama. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018.

Riesso, Andi Sawe, dkk. Perubahan Paradigma Pendidikan Dan Ekonomi Di Masa Pandemi. Bandung: MEDIA SAINS INDONESIA, 2020.

Sari, Widya, dkk. “Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Covid-19.” Jurnal Mappesona 3, no. 2 (2020).

Sarwono, S. W. Psikologi Remaja. Jakarta: RAJAGRAFINDO PERSADA, 2000.

Setiawan, Andi M. Pendekatan-Pendekatan Konseling (Teori Dan Aplikasi). Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Simanjuntak, Junihot. Membangun Kesehatan Mental Keluarga Dan Masa Depan Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2012.

Singgih D. Gunarsa & Y. Gunarsa. Psikologi Praktis: Anak, Remaja Dan Keluarga. Jakarta: Gunung Mulia, 2004.

Tjasmadi, Maria Patricia. Bimbingan Konseling Kristiani Di Era Digitalisasi Sekolah. Edited by Stenly Reinal Paparang Dkk. Luwuk Banggai: Pustaka Star’s Lub, 2019.

Widnyana, I Made Adi, dkk. COVID-19: Perspektif Hukum Dan Sosial Kemasyarakatan. Edited by Ida Bagus Subrahmaniam. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.Corey, Gerald. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. Belmont: Brooks/Cole, 1986.

Dkk, Andi Sawe Riesso. Perubahan Paradigma Pendidikan Dan Ekonomi Di Masa Pandemi. Bandung: MEDIA SAINS INDONESIA, 2020.

Dkk, Evi Deliviana. “PENGELOLAAN KESEHATAN MENTAL MAHASISWA BAGI OPTIMALISASI PEMBELAJARAN ONLINEDI MASA PANDEMI COVID-19.” Jurnal Selaras Vol. 3 No. (2020): 131–32.

Dkk, I Made Adi Widnyana. COVID-19: Perspektif Hukum Dan Sosial Kemasyarakatan. Edited by Ida Bagus Subrahmaniam. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

Dkk, Rikardo Dayanto Butarbutar. “Pendidikan Agama Kristen Bagi Remaja Kristen Madya Di Masa Pandemic COVID-19.” Real Didache: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen Vol. 5 No. (2020): 24.

Dkk, Roliana Manurung. “Aplikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online Dan Dampaknya Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Kependidikan Vol. 7, no. No. 3 (2021): 733.

Dkk, Widya Sari. “Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Covid-19.” Jurnal Mappesona 3, no. 2 (2020): 11.

Fahrina, Afrillia. Minda Guru Indonesia: Peran Guru Dan Keberlangsungan Pembelajaran Di Masa Pandemi COVID-19. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press, 2020.

Ginting, E.P. Pastoral Konseling: Membaca Manusia Sebagai Dokumen Hidup Identifikasi Diri Untuk Mengatasi Trauma Dan Luka Batin Dalam Pelayanan Pastoral Konseling. Yogyakarta: ANDI, 2016.

Halidi, Risna. “Survei: 23 Persen Remaja Alami Stres Karena Belajar Daring,” n.d.

Harsono, Fitri Haryanti. “Survei KPAI: Belajar Di Rumah Selama COVID-19 Bikin Anak Stres Dan Lelah - Health Liputan6.Com,” n.d.

Ifdil, Linda Fitria & Ifdil. “Kecemasan Remaja Pada Masa Pandemi Covid -19.” Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 6 No. (2020): 3.

N, L. Syamsu Yusuf. Kesehatan Mental Perspektif Psikologi Dan Agama. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018.

Putra, Adi. “EFEKTIFITAS BELAJAR-MENGAJAR BAHASA YUNANI KOINE PADA PANDEMI COVID-19,” n.d.

Sarwono, S. W. Psikologi Remaja. Jakarta: RAJAGRAFINDO PERSADA, 2000.

Setiawan, Andi M. Pendekatan-Pendekatan Konseling (Teori Dan Aplikasi). Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Simanjuntak, Junihot. Membangun Kesehatan Mental Keluarga Dan Masa Depan Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2012.

Singgih D. Gunarsa & Y. Gunarsa. Psikologi Praktis: Anak, Remaja Dan Keluarga. Jakarta: Gunung Mulia, 2004.

Tjasmadi, Maria Patricia. Bimbingan Konseling Kristiani Di Era Digitalisasi Sekolah. Edited by Stenly Reinal Paparang Dkk. Luwuk Banggai: Pustaka Star’s Lub, 2019.

“Wawancara Dengan Edward.” n.d.

“Wawancara Dengan Febro Agripo.” n.d.

“Wawancara Dengan Nova Nolenta Paulina.” n.d.

Yuliani, Meda. Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan: Teori Dan Penerapan. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

Zaviera, Ferdinand. Teori Kepribadian Sigmund Freud. Yogyakarta: Prismashope, 2017.

Halidi, Risna. “Survei: 23 Persen Remaja Alami Stres Karena Belajar Daring.” Accessed September 14, 2021. https://www.suara.com/health/2020/10/14/225135/survei-23-persen-remaja-alami-stres-karena-belajar-daring.

Harsono, Fitri Haryanti. “Survei KPAI: Belajar Di Rumah Selama COVID-19 Bikin Anak Stres Dan Lelah-Health Liputan6.Com.” Accessed September 14, 2021. https://www.liputan6.com/health/read/4251622/survei-kpai-belajar-di-rumah-selama-covid-19-bikin-anak-stres-dan-lelah.

Downloads

Published

2021-12-16

How to Cite

“Pendekatan Psikoanalisis Dan Teologi Kristen Terhadap Kesehatan Mental Remaja Kristen Akibat Pembelajaran Jarak Jauh”. JURNAL LUXNOS 7, no. 2 (December 16, 2021): 200–221. Accessed April 17, 2025. https://luxnos.sttpd.ac.id/index.php/20_luxnos_20/article/view/tampubolon_2021.

Similar Articles

1-10 of 84

You may also start an advanced similarity search for this article.