Peran Orangtua Sebagai Pendidik Spiritual Anak Berdasarkan Ulangan 6:4-9 Di Era Revolusi Industri 4.0 (Tinjauan Teologis dan Pedagogis dalam Pendidikan Agama Kristen)
DOI:
https://doi.org/10.47304/jl.v7i1.138Keywords:
Peran Orangtua, Pendidik Spiritual, Revolusi Industri 4.0Abstract
Abstrak
Penulisan artikel ini untuk menjelaskan tentang peran orangtua sebagai pendidik spiritual anak di era revolusi industry 4.0 berdasarkan Ul. 6:4-9. Sumber rujukan pembahasan judul ini dari buku-buku teks dan jurnal-jurnal online. Berdasarkan Ul. 6:4-9, orangtua diberi mandat oleh Allah untuk berperan dan bertanggungjawab sebagai pendidik bagi pembentukan dan pertumbuhan spiritual anak-anaknya. Orangtua Israel harus belajar seumur hidupnya agar dapat mendidik dan menjadi teladan bagi ana-anaknya dalam firman Tuhan. Orang tua berperan untuk mendidik dan membimbing spiritual anak-anaknya agar menjadi orang Kristen yang dewasa imannya dalam menghadapi perkembangan dan tantangan hidup di era globalisasi yang semakin canggih. Nilai-nilai iman Kristen secara dini diajarkan orangtua dan mendidik anak-anak dengan penuh ketulusan cinta kasih, agar menjadi landasan hidup mereka dalam persaingan hidup di era revolusi industry 4.0. Perkembangan media digital yang serba online sebagai dampak dari revolusi indutri 4.0 menyebabkan perubahan perilaku anak-anak yang menjadi individualis. Anak-anak butuh keteladanan dan pendampingan orangtua sebagai peran dalam mendidik spiritual dan karakter agar tetap hidup dalam kelompok komunitas kristiani mulai dari persekutuan keluarga. Metode penulisan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian literaur dan riset pustaka.
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Antone, Hope S. Pendidikan Kontekstual. Jakarta: BPK. Gunung Mulia, 2002.
Bahasa, Pusat. Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2011. http://www.kamusbesar.com/38643/surealisme.
Boehlke, Robert R. Sejarah Perkembangan Pikiran Dan Praktek Pendidikan Agama Kristen Dari Plato Sampai IG. Loyola,. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2006.
Christensen, Duane L. Deuteronomy 1 – 11 WBC, Vol. 6A. Dallas Texas: Word Books, 1991.
Cully, Iris V. Dinamika Pendidikan Kristen. Jakarta: BPK. Gunung Mulia, 2014.
D. A. Hubbard dkk. Pengantar Perjanjian Lama 1,. Jakarta: BPK. Gunung Mulia, 2010.
David F. Hinson. Sejarah Israel Pada Zaman Alkitab. Jakarta: BPK. Gunung Mulia, 1996.
Dyrness, William. Tema-Tema Dalam Teologi Perjanjian Lama,. Malang: Gandum Mas, 1979.
E.G. Homrighausen & I.H. Enklaar. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2012.
E.W. Nichoson. Deuteronomy and Tradition. Philadelphia: Fortress, n.d.
Hellen Chou Pratama. Cyber Smart Parenting: Kiat Sukses Menghadapi Dan Mengasuh GENERASI DIGITAL. Bandung: Visi Pres, 2002.
Hendry C. Thiessen. Teologi Sistematika. Malang: Gandum Mas, 2003.
I. J. Cairns. Tafsiran Alkitab, Kitab Ulangan Pasal 1-11. Jakarta: BPK. Gunung Mulia, 2008.
Ismail, Andar. Ajarlah Mereka Melakukan. Jakarta: BPK. Gunung Mulia, 2002.
J.I.Packer dkk. Tafsiran Alkitab Wycliffe Volume 1. Malang: Gandum Mas, 2007.
Lase, Delipiter. “Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0.” SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan 1, no. 1 (2019): 28–43. https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18.
Martinus T. Mawene. Perjanjian Lama Dan Teologi Kontekstual. Jakarta: BPK. Gunung Mulia, 2008.
Melvin A. Jones. Keluarga Yang Bahagia. Surabaya: YAKIN, n.d.
Obadja, Jeane Ch. Survei Ringkas Perjanjian Lama. Surabaya: Momentum, 2004.
Santoso, Samuel. Berteologi Di Tengah Perubahan. Jakarta: Sinode GKI, 2007.
Sentot Sadono. Doktrin Baptis, Di Antara Pandangan Teologi Kristen. Semarang: Psca Sarjara STBI, 2011.
Stephen Tong. Arsitektur Jiwa. Jakarta: LRII, 1991.
Th. C. Vriezen. Agama Isreal Kuno. Jakarta: BPK. Gunung Mulia, 2006.
Tong, Stephen. Membesarkan Anak Dalam Lindungan Tuhan. Surabaya: Momentum, 2015.
Tony Evans. Teologi Allah. Malang: Gandum Mas, 1999.
Wolf, Herbert. Pengenalan Pentateukh. Malang: Gandum Mas, 2004.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 JURNAL LUXNOS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.