Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Digital Dalam Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.47304/jl.v8i2.265Keywords:
Pembelajaran Kreatif, Kreatifitas mahasiswa, Teknologi digitalAbstract
Abstract: This study aims to determine the implementation of a digital technology-based creative learning model in developing student creativity in the teaching and learning process. Professors design project-based learning planning to develop creativity by utilizing digital technology. Creative learning based on digital technology significantly arouses student interest and initiative in completing coursework independently and collaboratively. This research uses descriptive qualitative research methods to explain the implementation of digital-based learning models that can develop student creativity. The concept is that developing student creativity makes it possible to achieve maximum learning outcomes.
Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi model pembelajaran kreatif berbasis teknologi digital dalam mengembangkan kreativitas mahasiswa dalam proses belajar mengajar. Dosen mendesain perencanaan pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan kreativitas dengan memanfaatkan teknologi digital. Pembelajaran kreatif berbasis teknologi digital signifikan membangkitkan animo dan inisiatif mahasiswa dalam menyelesaikan tugas-tugas kuliah baik secara mandiri maupun kolaboratif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif untuk menjelaskan implementasi model pembelajaran berbasis digital yang dapat mengembangkan kreativitas mahasiswa. Konsepnya bahwa mengembangkan kreativitas mahasiswa memungkinkan untuk mencapai hasil belajar yang maksimal.
Downloads
References
Tefbana Abraham, Yoel Betakore, Fredik Melkias Boiliu. “Analisis Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Basicedu 6, No. 1 (2022).
Tefbana Abraham, A. Dan Kia. “Peningkatan Kinerja Guru Pendidikan Agama Kristen Di Era Disrupsi Dan Pandem.” Jurnal Luxnos 6, No. 2 (2020).
Maryani Ani, Salma Nurfarizi. “Pengembangan Kreativitas Inovatif Melalui Pembelajaran Digital.” Prosiding seminar nasional pendidikan program pascasarjana universitas pgri palembang 10 januari 2020.
Asrani. “Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Penerapan Strategi Outdoor Learning Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Langsat 6, No. 2 (2019).
Fahmi dan Wuryandini. “Analisis Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Larutan Elektrolit Berbasis Proyek Pada Peserta Didik SMA.” Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 14, No. 2 (2020).
Jais, Ahmad. “Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (PAIKEM).” Sabilarrsyad 4, No. 1 (2019).
Kamarudin, Yana. “Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3, No. 1 (2021).
Sari Kurnia Puspita, Neviyarni, & Irdamurni. “Pengembangan Kreativitas Dan Konsep Diri Anak SD.” Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar” 3, No. 1 (2020).
Mutakallim, Abdul Aziz Muslimin. “Kreativitas Dalam Pembelajaran.” Tarbawi 4, No. 2 (2019).
Nur Afif. “Pengajaran Dan Pembelajaran Di Era Digital.” Jurnal Pendidikan Islam 2, No. 1 (2019).
Sawaludin, Zedi Muttaqin, Sina, Saddam. “Penerapan Model Pembelajaran Kreatif Produktif Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Mahasiswa Melalui Lesson Study Di Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan.” Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan 2, No. 1 (2019).
Suciati. “pengembangan kreativitas inovatif melalui pembelajaran digital.” Jurnal Pendidikan 19, No. 2 (2018).
Sumiarti. “Strategi pembelajaran Kreativitas dalam Pendidikan.” Educreative, 2, No. 2 (2016).
Wardana, Ahdar Djamaluddin. Belajar Dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Pare-pare: CV. Kaaffah Learning Center, 2019.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JURNAL LUXNOS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.