Pentingnya Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Pemuda Dalam Meningkatkan Spiritualitas Pemuda Menurut Teori Wychoff

Authors

  • Nova Jelly Rungkat Universitas Kristen Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47304/jl.v8i1.169

Keywords:

Kurikulum, Pendidikan Agama Kristen, Spiritualitas Pemuda, Teori Wyckoff

Abstract

Abstract: This article discusses the importance of the Christian Religious Education curriculum in improving youth spirituality according to Wyckoff’s theory. This research uses a literature research method or library study; therefore, the author can analyze the literature sources related to this study’s purpose. The Christian Religious Education curriculum is a program planned by the church to educate the congregation, including youth, to understand God’s will in their lives. The Christian Religious Education curriculum has a significant role because it is inseparable from the learning experiences undergone by youth. Wyckoff said that a good Christian Religious Education curriculum design would follow the principles of curriculum that have been established as basic guidelines in guiding the educational process.

Abstrak: Artikel ini membahas tentang pentingnya kurikulum PAK dalam meningkatkan spiritualitas pemuda menurut teori Wyckoff. Penelitian ini menggunakan metode penelitian literatur atau studi Pustaka. Dengan metode ini penulis dapat menganalisis sumber sumber literatur yang relevan dan berkaitan dengan tujuan penelitian ini dan menuangkannya dalam sebuah hasil penelitian. Kurikulum PAK adalah program yang direncanakan oleh gereja dalam mendidik jemaat termasuk pemuda untuk memahami kehendak Allah dalam hidupnya. Kurikulum PAK memiliki peran yang sangat penting dalam proses PAK itu sendiri karena tidak terlepas hubungannya dengan pengalaman belajar yang dialami oleh pemuda. Hal ini berarti bahwa kurikulum PAK harus disediakan oleh gereja dan disusun sebaik mungkin agar dapat meningkatkan spiritualitas pemuda. Wyckoff mengatakan bahwa desain kurikulum PAK yang baik akan mengikuti prinsip prinsip kurikulum yang sudah ditetapkan sebagai pedoman dasar dalam memandu proses pendidikan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ansyar Mohamad.“Kurikulum Hakikat Fondasi, Disain dan Pengebangan”.Jakarta Kencana, 2017.

Berlin dan Yunus” . (2019), https://skripsi .sttjafray. ac.id.

Grome Thomas . “Christian Religious Education “. Jakarta : BPK.Gunung Mulia. 1980.

Irawan Handy, Yahya K, TanbunaN G, Arthanto H.G, Liang T.Suhendra, Budijanto.”Dinamika Spirutualitas Generasi Muda KristenIndonesia".Jakarta Bilangan Research Centre,2018.

Irawan Handy dan Putra Cemara. “Gereja Tidak Lagi Menarik Bagi Kaum Muda” . Jakarta : Bilangan Research,2018.

Mika dan Tuhumury Petronella . “Implementasi Strategi Pembinaan Menuju Pertumbuhan Rohani Pemuda GKII Jemaat Siduung Muara Berau”.Jakarta Jurnal Jaffray , Volume 11 Nomor 2,2013 .

Martono Eko. “Strategi Pendidikan Agama Kristen” . Yokyakarta : Pohon Cahaya,2016.

Mulyana Deddy . “ Ilmu Komunikasi” . Bandung : PT.Rosdakarya ,2011

Pasmino Robert .W. “Fondasi Pendidikan Kristen “ (D.Hutabarat (Ed ). Jakarta : BPK Gunung Mulia,2012.

Picanussa B.E. “Pengembangan Kurikulum Pendididkan Kristiani” . Jurnal Voice Of Wesley Volume 3 Nomor 1,2020.

Pinilas R, Gosal R, Kasenda V, Partisipasi Generasi Muda Dalam Pelaksanaan Pembangunan , Jurnal Ilmu Pemerintahan , Volume 2 Nomor 2,2017.

Rumihat Toto,dkk.” Kurikulum Dan Pembelajaran”.Jakarta : Rajawali,2015

Sianipar Desi. “Pendidikan Agama Kristen Yang Membebaskan” . Jurnal Shanan Volume 1 Nomor 1,2017.

Simanjuntak Junihot .” Implikasi Konsep Dan Disain Kurikulum Dalam Tugas Pembinaan Warga Jemaat”. Jurnal Jaffray Volume 12 Nomor 2 ,Oktober 2014.

Sinaga Solmeriana dan Jura Demsi . “ Desain Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Untuk Ibadah Yamg Berorientasi Pada Etos Kerja Kristen Bagi Pegawai Pemerintah Di Balai Kota Propinsi DKI Jakarta”. Jurnal Shanan Volume 3 Nomor 2,2019.

Sinulinga B. dan Laukapitang Yunus D.A. “Kajian Pengajaran PAK Terhadap Motivasi Beribadah Pemuda DI GBI MCC Makasar”. 2019 httpsskripsi.sttjaffray.ac.id

Sriulina Indah . “Kurikulum Pemuda GBKP “. Salatiga : Universiras Kristen Satya Wacana ,2013 . https ://repository.uksw.edu

Sugiono.”Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D”. Bandung, Alfabeta,2014.

Surbakti .F.P.A. “ Faktor Faktor Penyebab Pemuda GBKP Runggun Jalan Ketepul Tidak Hadir Ibadah”. Salatiga,2017.

Tobing .Nancy. F.L. “Kurikulum PAK Di Indonesia” . Mitra Sriwijaya Volume 3 Nomor 1, April 2020.

Waren Rick . “Purpose Driven Youth Ministry” . Ground Rapid :Zondervan. 28

Wyckoff D .Campbell. “Theory and Design of Christian Education Curriculum”. Philadelphia ;The Westminster Press,1961.

Downloads

Published

2022-06-29

How to Cite

Rungkat, Nova Jelly. “Pentingnya Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Pemuda Dalam Meningkatkan Spiritualitas Pemuda Menurut Teori Wychoff”. JURNAL LUXNOS 8, no. 1 (June 29, 2022): 25–39. Accessed November 28, 2022. https://luxnos.sttpd.ac.id/index.php/20_luxnos_20/article/view/nova_2022.