Pembelajaran PAK di Era Digital: Sikap Inklusivisme Di Tengah Kemajemukan

Authors

  • Esti Regina Boiliu Universitas Kristen Indonesia - Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.47304/jl.v7i1.66

Keywords:

Pendidikan Agama Kristen, Inklusivisme, Masyarakat Majemuk

Abstract

 Artikel ini berisi pembahasan tentang peran Pendidikan Agama Kristen dalam masyarakat majemuk. Dalam realita kehidupan manusia, masih banyak persoalan yang muncul dengan berbagai konflik yang terjadi yang seringkali dikaitkan dengan masalah suku, ras dan agama khususnya dan ini merupakan kenyataan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat majemuk. Oleh kerena itu, Pendidikan agama Kristen di tengah-tengah masyarakat memiliki tugas untuk melaksanakan amanat agung sebagaimana yang telah diperintahkan Tuhan dalam Alkitab. Tujuan Pendidikan Agama Kristen adalah untuk dapat mewujudkan tujuan pendidikan nasional melalui peserta didik dan juga Pendidikan Agama Kristen dapat hadir menjadi alat pembentuk dan pemersatu bangsa di tengah masyarakat majemuk yang berbeda agama, suku, ras, golongan, dan lain sebagainya. Selain itu, kehadiran Pendidikan agama Kristen dapat berperan serta untuk meningkatkan kualitas kehidupam masyarakat Indonesia. Pendidikan Agama Kristen harus terus berkembang seiring dengan kemajuan zaman yaitu dengan cara memampukan manusia agar sadar terhadap perbedaan dan keberagaman, memiliki kemampuan untuk hidup bertoleransi, sadar dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kreatif, inovatif, serta memiliki solidaritas tinggi. Selain itu juga, masyarakat Indonesia diharapkan untuk memiliki kepekaan terhadap konteks pendidikan nasional, pergumulan bangsa dan menjawab kebutuhan orang percaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik, penduduk Indonesia menurut Propinsi tahun 2010 dalam

http://www.bps.go.id/tab_sub/view.php?tabel=1&id_subyek=12, diakses pada

hari Senin, 16 November 2020

Boehlke, Robert. Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen

(dari Yoh. Amos Comenius sampai perkembangan PAK di Indonesia). Jakarta :

BPK Gunung Mulia. 2015

Butar-Butar, Rikardo Dayanto., dkk., Pengajaran Tuhan Yesus Mengenai Toleransi dan

Implementasinya ditengah masyarakat majemuk. Real didache: Jurnal Teologi

dan Pendidikan Agama Kristen, Vol. 4 No 1. Maret 2019

Casram, Casram. Membangun Sikap Toleransi Beragama dalam masyarakat plural.

Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya. 2016

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi online/daring (dalam jaringan)

Karyawati, Lisa. Konsep Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dalam Masyarakat

Majemuk. Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen) Vol 1, No. 1. 2019

Lahagu, Ordianto. Menyikapi tantangan dan harapan Pendidikan Agama Kristen dalam

masyarakat yang majemuk, Artikel. Juli 2020

Putri. Arun Sutrisni, Faktor penyebab masalah keberagaman, Kompas.com-19/02/2020,

https://www.kompas.com/skola/read/2020/02/19/190000569/faktor

penyebab masalah-keberagaman?page=2 Diakses pada, 20 November 2020

Rantung, Djoys Anneke. Pendidikan Agama Kristen Dalam Kehidupan Masyarakat

Majemuk. Yogyakarta: Lintang Rasi Aksara Books. 2017

Rantung, Djoys Anneke. Pendidikan Agama Kristen Untuk Keluarga Menurut Pola Asuh

Keluarga Ishak Dalam Perjanjian Lama, Jurnal Pendidikan Agama Kristen

SHANAN ISSN: 2549-8061 Volume 3 Nomor 2. 2019

Sagala, Lenda Dabora. Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Menghadapi Perubahan

Sosial. Jurnal Simpson ISSN: 2356-1901

Tafona’o, Talizaro. Pendidikan Agama Kristen Dalam Masyarakat Majemuk. Yogyakarta: illumiNation Publishing. 2015

Tambunan, Elia. Pendidikan Agama Kristen: Handbook untuk Pendidikan Tinggi.

Yogyakarta: IllumiNation. 2013

Wangania, Judith Debora Listia. Mengembangkan Pendidikan Perdamaian Dalam Pak.

Sola Scriptura: Jurnal Teologi Vol. 1. No. 1. 2020

Widjaja, Fransiskus Irwan. Pluralitas Dan Tantangan Misi: Kerangka Konseptual

Untuk Pendidikan Agama Kristen Dalam Masyarakat Majemuk, Jurnal Regula

Fidei Volume 4, Nomor 1. Maret 2019.

Downloads

Published

2021-06-25

How to Cite

Boiliu, Esti Regina. “Pembelajaran PAK Di Era Digital: Sikap Inklusivisme Di Tengah Kemajemukan”. JURNAL LUXNOS 7, no. 1 (June 25, 2021): 77–89. Accessed November 30, 2021. https://luxnos.sttpd.ac.id/index.php/20_luxnos_20/article/view/esti_2021.