Analisis Pendidikan Agama Kristen Terhadap Emotional Intelligence Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak

Authors

DOI:

https://doi.org/10.47304/jl.v8i1.175

Keywords:

Kecerdasan Emosional, Pendidikan Agama Kristen, Prestasi Belajar

Abstract

Abstract: Emotional Intelligence is a positive quality that everyone can possess. Emotional intelligence refers to a person's ability to behave in both a self- and other-directed manner. Emotional intelligence plays a key part in the sphere of education, notably Christian Religious Education, in helping students inspire themselves and achieve positive learning outcomes. In Christian Religious Education's opinion, the purpose of writing this article is to provide an analysis of how to regulate children's emotional intelligence in order to promote learning achievement. For the purpose of creating this article, the author employs a qualitative approach in which sources are gathered from a variety of textual materials, including books, scientific articles, coran, and so on, all of which are linked to the study's theme. The findings of this study will help people comprehend that everyone has many intelligences, and that these intelligences can be enhanced to improve learning outcomes, particularly emotional intelligence.

Abstrak: Emotional Intelligence (kecerdasan emosional) merupakan salah satu kemampuan yang positif untuk dimiliki oleh setiap orang. Kecerdasan emosional berbicara tentang kemampuan seseorang dalam berperilaku, baik terhadap dirinya maupun orang lain. Dalam ranah pendidikan termasuk Pendidikan Agama Kristen (PAK), kecerdasan emosional mengambil bagian penting bisa menolong memotivasi diri, dan lain sebagainya, peserta didik juga akan mencapai prestasi belajar yang baik. Dengan demikian, maka penulisan artikel ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana mengelola kecerdasan emosional anak untuk meningkatkan prestasi belajar dengan ditinjau dari sudut pandang PAK. Penulis menggunakan metode kualitatif untuk proses penulisan artikel ini, yang mana sumber-sumber dikumpulkan dari berbagai sumber tertulis seperti buku-buku, artikel ilmiah, koran, dan lain sebagainya yang tentunya berhubungan dengan judul penelitian yang dikaji. Hasil penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman setiap orang memiliki beberapa kecerdasan, kecerdasan tersebut dapat dimaksimalkan untuk meningkatkan prestasi belajar, dalam konteks ini adalah kecerdasan emosional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bariyyah, Khairul, and Leny Latifah. “Kecerdasan Emosi Siswa Ditinjau Dari Jenis Kelamin Dan Jenjang Kelas.” JPGI: Jurnal Penelitian Guru Indonesia 4, no. 2 (2019): 68–75.

Cahyo Tri Wibowo. “Analisis Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) Dan Kecerdasan Spiritual ( SQ ) Pada Kinerja Karyawan.” Jurnal Bisnis & Manajemen 15, no. 1 (2015): 1–16.

Daniel Goleman. Working with Emotional in Intelligence. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2005.

Daud, F. “Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang 19, no. 2 (2012): 243–255.

Endang Mei Yunalia dan Arif Nurma Etika. “Analisis Kecerdasan Emosional Rejama Tahap Akhir Berdasarkan Jenis Kelamin.” Jurnal Keperwatan Jiwa 8, no. 4 (2020): 477–484.

Fauziah. “Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester II Bimbingan Konseling UIN AR-RANIRY.” Jurnal Ilmiah Edukasi 1, no. 1 (2015): 90–98.

Hardi Budiyana. Dasar-Dasar Pendidikan Agama Kristen. Karanganyar: Berita Hidup Seminary, 2011.

Ike, Yesi, Riswan Jaenudin, and Ikbal Barlian. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas Xi Di Smk Negeri 5 Palembang Tahun Pelajaran 2015/2016.” Jurnal Profit 3, no. 2 (2016): 139–148.

Junihot Simanjuntak. Filsafat Pendidikan Dan Pendidikan Kristen. Yogyakarta: ANDI, 2013.

———. Ilmu Belajar Dan Didaktika Pendidikan Kristen. Yogyakarta: ANDI, 2017.

Khoe Yao Tung. Filsafat Pendidikan Kristen: Meletakkan Fondasi Dan Filosofi Pendidikan Kristen Di Tengah Tantangan Dunia. Yogyakarta: ANDI, 2013.

Mardianto. “Pembangunan Sumber Daya Manusia Melalui Bidang Pendidikan Agama Kristen.” Pasca: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 15 (2019): 28–32.

Masruroh, Anisatul. “Konsep Kecerdasan Emosional Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam 6, no. 1 (2014): 61–87.

Nasril dan Ulfatmi. “Melacak Konsep Dasar Kecerdasan Emosional.” A-Irsyad: Jurnal bimbingan dan konseling Islam (2018): 16–25.

Rahmah Johar dan Latifah Hanum. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Deepublish, 2016.

Rina Rachmawati dkk. Call For Buku Tema 2 (Strategi Pembelajaran). Edited by Safira Diah F. Yogyakarta: Jakad Media Publishing, 2020.

Solechan. “Pengembangan Kecerdasan Emosional Di SMA Primaganda Bulurejo Diwek Jombang.” Jurnal Ilmuna 1, no. 2 (2019): 43–64.

Susilowati, Retno. “Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini.” Thufula 6, no. 1 (2018): 145–158.

Tafonao, Talizaro. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Terhadap Perilaku Anak.” Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 3, no. 2 (2018).

Downloads

Published

2022-06-29

How to Cite

Boiliu, Esti Regina. “Analisis Pendidikan Agama Kristen Terhadap Emotional Intelligence Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak”. JURNAL LUXNOS 8, no. 1 (June 29, 2022): 1–10. Accessed August 10, 2022. https://luxnos.sttpd.ac.id/index.php/20_luxnos_20/article/view/esti_2022.